Save Our Planet


GLOBAL WARMING – termasuk tanda-tanda kiamat, kah?
April 26, 2008, 4:42 pm
Filed under: Global Warming

GLOBAL WARMING – termasuk tanda-tanda kiamat, kah?


Global warming atau pemanasan global merupakan persoalan yang telah lama muncul. Keadaan itu dibuktikan dengan semakin panasnya suhu bumi dan polusi udara dimana-mana. Hal tersebut akan mempercepat kerusakan bumi, karena semakin lama kadar karbondioksida yang ada di bumi semakin meningkat. Adanya fenomena ini memunculkan banyak penelitian tentang Teknologi Energi yang berkelanjutan, dan solusi-solusi yang harus dilakukan dalam menghadapi persoalan tersebut. Hal itu mendasari adanya kerjasama mengenai Teknologi Energi Berkelanjutan antara Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Eindhoven University of Technology, Belanda.
J.P.Patrick.Van.Schijndel sebagai wakil dari Belanda, mengadakan kunjungan selama dua hari sejak 24-25 Januari di UMY. Kunjungan tersebut telah memunculkan beberapa agenda kerjasama antara lain kesepakatan mengenai pengembangan materi dan kegiatan tentang Teknologi Energi Berkelanjutan, serta kerjasama untuk mempromosikan hal tersebut hingga ke beberapa wilayah di Indonesia.
Dalam kesempatan tersebut Patrick mengatakan bahwa, kerjasama ini merupakan kelanjutan dari symposium mengenai ‘Teknologi Energi Berkelanjutan’ yang telah diadakan di Bogor pada Juli 2006. Kerjasama Indonesia-Belanda yang bernama “Dutch-Indonesia Energy Working Group” ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak dalam menghadapi pemanasan global dan pemanfaatan Teknologi Energi.
Kunjungan hari kedua tamu dari Belanda tersebut diisi dengan diskusi dan pemutaran film. Diskusi mengenai Global Warming dan Sustainable Development tersebut diikuti oleh seluruh Dosen Fakultas teknik UMY. Film yang diputar selama kurang lebih satu jam, merupakan film mengenai Global Warming dan film documenter tentang perubahan alam yang terjadi di beberapa wilayah di dunia.


Keanegaragaman Hayati Diambang Kepunahan

Pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan dari sebagian besar ekosistem dunia yang amat berharga. Bahkan hidupan liar yang ada di tempat-tempat konservasipun tidak bisa menghindari ancaman besar ini.

Beruang kutub semakin kehilangan habitatnya. Di Antartika, dimana suhu rata-rata telah meningkat sekita 4.5 derajat Farenheit dalam 50 tahun terakhir, gumpalan es sebesar pulau Rhode seberat 500 milyar ton terpisah dari es Larsen-B dan jatuh ke laut.

Saat ini terumbu karang dunia dalam kondisi yang memprihatinkan. Terumbu karang sangat sensitif terhadap panas. Kenaikan 1oC pada temperatur laut dapat mengakibatkan pemutihan pada terumbu karang dan pada akhirnya akan mati. Pemutihan karang yang paling parah terjadi pada 1998.

Dalam laporan penelitian WWF, Habitats at Risk: Global Warming and Species Loss in Terrestrial Ecosystems, ditemukan bahwa dengan beberapa asumsi mengenai pemanasan global di masa depan dan dampaknya terhadap beberapa tipe vegetasi utama, kepunahan spesies akan terjadi di kebanyakan ekoregion signifikan di bumi.

Laporan tersebut meneliti dampak perubahan iklim pada ekosistem teresterial yang diidentifikasikan WWF sebagai bagian dari Global 200 – tempat-tempat dimana terdapat keanekaragaman hayati bumi yang paling unik dan kaya. Apabila tingkat konsentrasi CO2 di atmosfer dalam 100 tahun mendatang dikalikan dua dari sekarang – jumlah yang sesungguhnya lebih kecil dari perkiraan para ahli iklim, dampak-dampak berikut diperkirakan akan terjadi:
-Lebih dari 80 persen dari ekoregion yang diteliti akan menderita kepunahan tumbuhan dan binatang sebagai akibat pemanasan global.
-Beberapa dari ekosistem alami yang paling kaya akan kehilangan lebih dari 70 persen dari habitatnya, dimana habitat tersebut adalah tempat hidup dari tumbuhan dan binatang di dalamnya.
-Banyak habitat yang akan berubah sepuluh kali lebih cepat daripada seharusnya, yang menyebabkan kepunahan species yang tidak dapat bermigrasi atau beradaptasi dengan perubahan tersebut


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: